Kisah Kematian Bayezid Di Abad Kejayaan ANTV

 

Eksekusi Tragis Bayezid Bersama Empat Anak Lelakinya 


Serial Abad Kejayaan ANTV dan Setelah kematian adik Bayezid dan Selim bernama Cihangir, hubungan keduanya semakin panas. Alih-alih meredam ketegangan antara Bayezid dan Selim, Suleiman akhirnya memutuskan memindah wilayah kepemimpinan mereka.

Selim yang awalnya memerintah di wilayah Manisa dipindah ke Konya, sementara Bayezid yang awalnya memerintah di wilayah Kutahya berpindah tugas ke Amasya. [Baca: Catatan Sejarah Sastrawan Turki Ciptakan Puisi Gambarkan Kematian Tragis Mustafa]

Saat di Amasya, tercatat dalam sejarah Ottoman, Bayezid dianggap tidak begitu serius memimpin Amasya, lantaran wilayah tersebut dulu dipimpin mendiang kakak tirinya, Mustafa. Mustafa sendiri akhirnya dieksekusi sang ayah dengan tuduhan dugaan pemberontakan.

Reputasi buruk Bayezid di Amasya membuat Suleiman marah dan menganggap tindakan Bayezid sebagai bentuk pemberontakan. Menurut sejarah, dalam kesempatan tersebut, Selim dibantu Sokollu Mehmet Pasha menghimpu kekuatan untuk menguatkan dugaan Suleiman.

Alhasil, perang antara Bayezid dan Selim pun tidak terelakkan. Dalam pertempuran di wilayah Konya, pada 31 Mei 1559, Bayezid kalah. Seusai pertempuran dengan Selim, Bayezid kembali ke Amasya bersama sebagian kecil prajuritnya.


Berdasarkan analisis wartawan dan peneliti sejarah Murat Bardakci, Sokullu Mehmet Pasha mengirim pasukan untuk Bayezid. Dalam trik eksekusi Bayezid, muncul sosok Shah Tahmasp yang diperintahkan Suleiman untuk memenjarakan Bayezid.

Kisah Kematian Panggeran Bayezid Di Abad Kejayaan ANTV dan Raja Suleiman dan Selim mengirim utusan ke Persia untuk mengeksekusi Bayezid. Tepat pada 25 September 1561, Bayezid bersama empat putranya dieksekusi.

Empat anak Bayezid yang turut dieksekusi bersama Bayezid adalah Sehzade Orhan, 18, Sehzade Osman, 16, Sehzade Abdullah, 13, dan Sehzade Mahmud, 9.

Sepeninggal Bayezid dan empat putranya, istri Bayezid, Fatma Haseki Sultan hidup bersama putranya Sehzade Murad, dan empat putrinya, Mihrumah Sultan, Hatice Sultan, Ayse Sultan, dan Hanzade Sultan.
Kisah Kematian Bayezid Di Abad Kejayaan ANTV Kisah Kematian Bayezid Di Abad Kejayaan ANTV Reviewed by Unknown on 02.42 Rating: 5
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Kwanyar News. Diberdayakan oleh Blogger.