Film Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto

 

Film Tentang Bapak Bangsa Indonesia


Yang mudah diingat tentang HOS Tjokroaminoto adalah destar dan kumis baplang. Itulah Hadji Oemar Said Tjokroaminoto (1882-1934), pendiri Sarekat Islam. Jika penulisan nama pahlawan mengikuti EyD mestinya “HUS Cokroaminoto”.

Film Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto dan Tjokro adalah salah satu bapak bangsa Indonesia. Dia bukan hanya salah satu guru Soekarno namun juga mertua pertamanya karena Soekarno menikahi Siti Oetari, putri Tjokro. Saat itu Oetari masih 16, Soekarno sudah 20. Mereka kemudian bercerai baik-baik.

Sutradara Garin Nugroho sedang memfilmkan Guru Bangsa, HOS Tjokroaminoto dengan pemeran Reza Rahadian. Saat ini syuting masih berlangsung antara lain di Sleman, DIY. Film akan ditayangkan Maret-April 2015 kata Garin kepada Antara kemarin (8/10/2014).


“Kita harus tahu pemikiran murid-murid Tjokroaminoto yang hebat itu dari mana,” kata Dewi Umaya, yang memproduksi film itu bersama Didi Petet, Christine Hakim, Ari Syarief, dan Noe Letto, kepada Liputan 6, Selasa (7/10/2014). Dia katakan, itu perlu agar masyarakat tak hanya tahu Tjokro sebagai nama jalan saja.

Sementara, Ketua Tatasan Keluarga Besar HOS Tjokroaminoto, Erik Hidayat, selaku penggagas film ini mengaku, generasi muda sekarang kurang mengenal sosok HOS Tjokroaminoto. Padahal kontribusinya sangat besar dalam kemerdekaan Indonesia. “Tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan sosok sang pahlawan kepada masyarakat Indonesia, tetapi tetap dibungkus sedemikian rupa, sehingga tetap berkesan dan menghibur,” ujar dia.



Sinopsis Film Guru Bangsa Tjokroaminoto dan Tjokro berjuang dengan membangun organisasi Sarekat Islam, organisasi resmi bumiputera pertama terbesar, yang mempunyai sampai dua juta anggota. Ia berjuang untuk menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera yang terjajah. Perjuangan ini menjadi awal lahirnya tokoh dan gerakan kebangsaan.



Tjokro adalah intelektual, pandai bersiasat, mempunyai banyak keahlian, termasuk jago silat, ahli mesin dan hukum, penulis surat kabar yang kritis, orator ulung yang mampu menyihir ribuan orang, membuat pemerintah Hindia Belanda khawatir, dan bertindak untuk menghambat laju gerak Sarekat Islam. Perjuangan Tjokro lewat organisasi Sarekat Islam juga terancam oleh perpecahan dari dalam organisasi itu sendiri.

Rumah Tjokro di Gang Peneleh, Surabaya, terkenal sebagai tempat bertemunya tokoh-tokoh bangsa Indonesia kelak. Di rumah sederhana yang berfungsi sebagai rumah kos yang dikelola oleh istrinya, Suharsikin, Tjokro mempunyai banyak murid muda yang kemudian mempunyai jalan perjuangannya masing-masing, meneruskan cita-cita Tjokro: bangsa bermartabat, terdidik, dan sejahtera. Salah satu muridnya di Peneleh adalah proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno
 
Jadwal Bioskop Film Indonesia Bulan April 2015 dan Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto ini diperkirakan selesia syuting pada akhir 2014. Ditargetkan, 9 April 2015 film ini sudah diluncurkan ke bioskop indonesia.


Film Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto Film Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto Reviewed by Unknown on 01.10 Rating: 5
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Kwanyar News. Diberdayakan oleh Blogger.